Telur Asin.... Telur Asin.....

Yuk Wirausaha Telur Asin Kawan...


         Nih Kawan-kawan Dari MI Ya BAKII Kesugihan 01 Sedang belajar membuat Telur Asin. Tau ga Ciii.... kawan bahwa dalam Pembuatan telur asin merupakan salah satu cara untuk mengawetkan telur karena telur memiliki sifat yang mudah rusak, baik rusak alami dan  rusak secara fisik, maupun kerusakan akibat serangan mikroorganisme melalui pori-pori kulit telur.  Sebagai sumber gizi telur mengandung protein sekitar 13% dan lemak sekitar 12% dengan  nilai tertinggi terdapat pada bagian kuningnya. Pada kuning telur terdapat asam amino esensial yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan manusia. Selain itu juga terkandung zat besi, fosfor, kalsium, dan vitamin B kompleks. Prinsip pengawetan dengan pengasinan adalah menutupi pori-pori kulit telur agar tidak dimasuki mikroba, disamping mencegah air dan gas keluar dari dalam telur. Tingkat rasa asin ditentukan oleh berapa lama telur dibalut dengan media yang terdiri dari garam beryodium dan serbuk arang sekam. Semakin lama prosesnya, rasa asin yang menyerapun semakin kuat.


Bagaimana Cara Membuat Telur Asin?

Pembuatan telor asin dengan cara sederhana serta menggunakan bahan – bahan yang mudah didapatkan dan harga yang murah. Anda bisa memakai telur ayam, telur bebek atau telur burung puyuh.

Bahan - bahan :
  • 15 butir telur mentah
  • 2 kg bubukan batu bata merah
  • 2 kg garam dapur halus
  • Air bersih secukupnya

Cara membuatnya :
  1. Campurkan bubukan batu bata merah dengan garam dapur, tambahkan sedikit air hingga adonan berbentuk pasta.
  2. Cuci telur sampai bersih dan jangan sampai ada kotoran yang menempel. Kotoran yang tertinggal pada telur dapat menyebabkan telur asin cepat busuk.
  3. Setelah benar-benar bersih, telur diolesi adonan pasta yang sudah dibuat sebelumnya.
  4. Kemudian telur ditata di dalam periuk atau wadah lainnya dengan rapi. Sisa pasta adonan dioleskan di atas tatanan telur.
  5. Tutup periuk atau wadah tersebut dan simpan di tempat yang sejuk dan rata selama 1 minggu. Jika anda menginginkan rasa telur asin yang lebih masir, simpan telur selama 12 hari atau 2 minggu.
  6. Setelah 1 minggu telur dapat di ambil kemudian dicuci dengan air bersih.
  7. Rebus atau kukus telur asin dengan api sedang selama kurang lebih 1 ½ jam.
  8. Selamat menikmati telur asin buatan anda sendiri.

Cara membuat telur asin dengan bahan – bahan sederhana selain mudah dilakukan juga tidak membutuhkan biaya besar. Anda tidak harus memakai telur bebek sebagai bahan utama, telur ayam dan telur burung puyuh juga bisa menjadi alternatif. Selain rasanya yang enak dan khas, kandungan gizi di dalam satu butir telur asin sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda.
sumber:http://kabarinfoterbaru.blogspot.com
Share this post :

Posting Komentar

Visi Dan Misi Madrasah

Arsip Pos

 
Support : Link here | Link here | Link here
Copyright © 2014. MI Ya BAKII KESUGIHAN 01 - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by Blogger